Tips Menjalankan Ibadah Puasa


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim yang merupakan salah satu rukun islam yang wajib untuk di kerjakan, dimana di bulan ramadhan ini merupakan bulan yang penuh dengan kebaaikan dan keberkahaan. Segala perbuatan akan di lipat gandakan oleh Allah SWT.

Bulan Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa menahan lapar dan haus dari terbit matahari hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh.

Puasa memiliki bayak manfaat dari segi fisik maupun rohani,
jika dijalankan dengan cara yang benar dan sesuai aturan ajaran islam dan ini telah terbukti kebenaran nya di dalam bidang kesehatan dan para ilmuan dan ahli kedokteran. Dengan berpuasa akan mengindarkan dari berbagai penyakit, menumbuhkan sikap mental dan kesabaran.

Menjalankan ibadah puasa jika di kerjakan dengan ikhlas insya allah satu bulan akan terlewatkan dengan mudah.
Untuk ini ada beberapa Tips Menjalankan Ibadah Puasa agar dapat berjalan dengan lancar:

1.     Ketika Sahur :
ü Sebelum berpuasa jangan lupa untuk membacakan niat didalam hati agar ibadah puasa yang kita jalankan akan diberkahi dan di mudahkan oleh Allah SWT
ü Makan sahur, sahur sangat berperan penting untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat saat puas karena makanan yang kita makan saat sahur mempengaruhi stamina tubuh saat berpuasa.
ü Di saran kan untuk memperhatikan makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah-buahan, vitamin, air.
ü Tidak disarankan memakan mie instan terlalu banyak karena akan cepat dicerna oleh tubuh pada siang hari dan akan cepat terasa haus.
ü Pada saat sahur perbanyaklah meminum air putih agar tidak dehidrasi
ü Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik karena mengandung unsur air yang dapat membantuh tubuh dan memperlancar pencernaan
ü Jagan terlalu bayak mengkonsumsi kopi dan teh karena minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi yang lebih cepat
ü Setting alarm ketika sahur untuk membangunkan anda

2.    Saat Berpuasa :
ü Berpuasa bukan berarti bermalas-malasan, so.. kerjakan apa yang yang menjadi tanggung jawab dan kerjaan lakukan rutinitas seperti biasa
ü Hindarkan hal-hal yang memicu terjadi nya stress dan tindakan kerja fisik yang terlalu berat
ü Istirahat tidur akan sangat baik di lakukan untuk merileksasikan tubuh yang penat lelah di akibatkan kurang tidur di malam hari (traweh) dan bagun lebih awal (sahur), tidur yang baik jangan terlalu lama atau seharian karena tidak baik
ü Menjalankan aktivitas dengan berbuatkan kebaikan, menjalankan sholat 5 waktu, membaca Al-Quran
ü Melakuakan aktifitas bersama teman-teman seperti: olahraga ringan, ngabuburit, nongkrong, main game, nonton, online, yang dapat menghindarkan kebosanan
ü Kebiasaan buruk melihat jam terlalu sering sebelum berbuka, hal ini menjadikan sugesti ke otak dan merespon seolah-olah waktu menjadi lama karena. Perlu diketahui bahwa posisi menunggu adalah hal yang membosankan so,, lakukan aktifitas yang bermanfaat.

3.    Saat Berbuka :
ü Sebelum menyantap dan membatalkan puasa baca lah niat berbuka puasa terlebih dahulu
ü Jangan terlalu banyak minum ketika berbuka, ini akan menyebabkan kita cepat kekenyangan sebelum makan
ü Makan-makanan yang ringan dan bertahap terlibih dahulu sangat dianjurkan karena tubuh membutuhkan proses untuk mencerna makanan
ü Sholat magrib terlebih dahulu baru menyantap makanan selanjutnya
ü Makan lah secukupnya, jangan terlalu berlebihan karena tidak baik sehingga tubuh tidak bisa melakukan aktifitas karena kekenyangan (over)
ü Jangan memakan gorengan yang mengandung minyak berlebih dan makanan yang pedas
ü Konsumsi sayuran, buah dan kurma sangat baik untuk pencernaan tubuh
Tips Menjalankan Ibadah Puasa Tips Menjalankan Ibadah Puasa Reviewed by Unknown on 23:58 Rating: 5

1 comment:

  1. benar niat dan gembira menyambut bulan ramadhan adalah cara terbaik menjalankan ibadah puasa, apalgi di iringi ibadah wajib lain seperti sholat tepat waktu saat jam adzan tiba.

    ReplyDelete

recent posts

Powered by Blogger.